CERITA ADIKKU... “ALBINO=BULE SAKIT”

Sekedar perbincangan ringan bersama adikku melalui telepon di pagi ini, yaa perbincangan yang membuatku layaknya orang stress,, tertawa sendiri setiap mengingat kata-kata lugu nan polosnya..

Adikku  kuliah di salah satu perguruan tinggi islam swasta yang ada dimakassar, masa oritasinya diisi dengan kegiatan pesantren. Kudengar suara lesunya di seberang sana, menceritakan berbagai
pengalamannya selama kegiatan pesantren, mulai dari pakaian yang ia kenakan, pelayanan panitia, hingga perkenalannya dengan teman-teman baru dari berbagai daerah yang ia temui.

Iseng saja kutanyakan sudah berapa banyak teman baru yang ia kenal,, hhmmm.. pertanyaanku ini sepertinya memang dinantikan dari tadi,, gimana tidak,, suara lesunya tiba-tiba penuh semangat menjawab pertanyaanku. Selama masa pesantren, ia mendapat banyak teman dari berbagai daerah, katanya sih ia tidak canggung-canggung meminta nomor HP orang-orang yang baru ia temui. Dengan polosnya ia  memamerkan kepiawaiannya dalam berteman “sekarang saya punya banyak teman, ada juga orang BULE”..

Mendengar ceritanya kalau ia pun memiliki teman orang BULE, sontak saya menimpalinya dengan berbagai pertanyaan,, ooo yaa?? Gimna caranya kamu berkenalan dengan orang bule?? Bagaimna caranya kamu meminta no Hpnya?? Pertanyaanku dengan nada sedikit meninggi saking penasarannya. Ya... kali ini dia berhasil membuatku KEPO tentangnya,, bagaimana tidak,, selama ini kutau dirinya tidaklah fasih dalam berbahasa inggris dan sangat miskin kosa kata, dan setauku untuk berkenalan dengan bule setidaknya kita bisa menyapanya dan menanyakan namanya dengan bahasa inggris.

Pertanyaanku yang segudang tadi hanya ditanggapinya dengan senyum sambil berkata “dia itu BULE yang SAKIT semua alis dan bulu matanya putih, berasal dari NTT,, jadi saya hanya pake bahasa Indonesia”... hahahahahhah.... mendengar jawaban polosnya, tawaku langsung pecah tak terkendali,, karena yang ia maksud dengan BULE SAKIT itu ternyata adalah orang yang terkena penyakit ALBINO.. mendengar tawaku yang meledeknya dia kembali bertanya dengan nada polos tak berdosa “kenapa ketawa??” dengan berusaha sekuat tenaga menahan tawa, kucoba menjelaskannya bahwa itu bukan BULE SAKIT tapi orang ALBINO yang kekurangan pigmen pada kulitnya sehingga ia terlihat tampak sangat putih... ia pun tertawa dengan sedikit malu..
Note: “albino=bule sakit”... hehhe

SURABAYA 04092014

“KS”

Tidak ada komentar: