PPL (1)

Apa yang harus kulakukan???
Bagaimana saya memulai perkuliahan??
Bagaimana jika mahasiswa yang saya hadapi semuanya kritis-kritis??
Mampukah saya menjawab setiap pertanyaan mereka??

          Dalam diamku, terduduk di teras prodi PGSD, mencoba mengatur nafas yang sedari tadi tidak menentu,  dihantui oleh serentetan pertanyaan-pertanyaan tadi yang kuciptakan sendiri,, kulirik jam yang melingkar dipergelangan tangan kiriku,, oohhh waktu sudah menunjukkan jam 11.05, sudah waktunya saya masuk kelas. Sesaat kemudian, seorang mahasiswa bertubuh ceking dan berkawat gigi menyapaku dengan sangat sopan.. “maaf bu’ silahkan mengisi perkuliahan, teman-teman sudah menunggu”... iiii,,iiyaaa... jawabku dengan sedkit terbata-bata karena nervous.. segera kugopoh tas ranselku,, melangkah dengan cepat.. all is well, mantra yang kudapat dari film 3 idiot, kuucap berulang-berulang untuk menenangkan diri sambil memohon pertolongan Allah, semoga diberi kemudahan..
          Hghggh... kutarik nafas panjang... memasuki kelas seraya melontarkan salam dan senyum termanisku... (hehehe)... dengan semangat mereka menjawab salamku dengan senyum malu mereka... ternyata semangat mereka seakan memberi sugesti positif, rasa nevous tadi telah hilang, yang ada hanya rasa percaya diri.. oohh terimakasih ya Allah... sungguh pertolonganMU begitu nyata..
          Sebelum memulai perkuliahan, kuperkenalkan diri dihadapan 60 mahasiswa yang di dominasi oleh kaum hawa.. mereka terlihat begitu antusias tuk mengenal lebih banyak tentang diriku..
          Perkuliahan pun dimulai,, kujelaskan slide demi slide materi yang kutampilkan memalui power point,, ada perasaan bangga dan senang ketika mereka terlihat sangat serius, mencatat setiap materi yang kujelaskan. Sesaat kuberi mereka kesempatan tuk bertanya hal yang mereka tidak mengerti...ooohhh rupanya mereka masih malu.. akhirnya kucoba memicu mereka dengan molontarkan pertanyaan, masih malu juga.. tidak ada jalan lain selain menunjuk langsung.. kusebutkan beberapa nama, kuminta mereka memberi tanggapan atas pertanyaan yang kulontarkan, alhasil  jawaban mereka cukup memuaskan... J
          Kulanjutkan menjelaskan materi dalam slide yang masih tersisa, hanya butuh sedikit waktu untuk menyelesaikannya,, kembali ku beri kesempatan kepada mahasiswa yang ingin bertanya... ooo... sungguh mengejutkan,, kali ini mereka antusias tuk bertanya, ku ijinkan satu persatu,, hhmmmm pertanyaan yang cukup baik... alhmdulillah semua pertanyaan bisa kuatasi.. 
          Tak terasa, waktu berjalan begitu cepat, jam mengajarku tersisa beberapa menit lagi.. sebagai perkenalan hari ini, mereka kuberi tugas tuk meresum materi perkuliahan.. yaahhhh.....yaahhhh.. suara keluhan itu bersahut-sahutan.. aku hanya tersenyum menanggapinya, teringat aku pernah berada di posisi mereka.. J

Untuk mahAsiswaku...
Terimakasih atas penerimaan dan atensi kalian
Kalian memberiku ruang untuk belajar
Dan menuai pengalaman


SURABAYA, 20112013

MIRNAWATI