UJIAN KOMPRE



Tanggal        : 01 April 2014,
Ruang           : K4 01 pascasarjana UNESA,
pukul            : 13.00-14.00
jadwal ujian akhirnya kudapatkan juga, kuperhatikan dengan seksama,, perasaan jadi tak menentu, rasanya percaya gak percaya saya sudah sampai ke titik ini.

Alhmdulillah...
Masih ada waktu sepekan untuk mempersiapkan segala sesuatunya, mulai dari mempersiapkan presentasi, mempersiapkan konsumsi, n tentunya mempersiapkan mental,, hghhgh waktu terus berlalu, tak terasa hari yang menegangkan itu datang juga.. ya hari ini 01 April 2014.

Pukul 12.00 setelah sholat dhuhur, saya langsung menuju kampus sengaja datang lebih awal menuju ruang ujian, memastikan segala sesuatunya sudah dipersiapkan atau belum oleh panitia ujian,, alhmdulillah tidak ada masalah, semua sudah beres..

Setelah yakin tidak ada masalah, segera kumenenangkan diri di tempat yang sudah disiapkan, kulihat dihadapanku ada 5 buah meja berjejer rapi disiapkan untuk lima orang dosen penguji.. terlintas dalam pikiranku, hari ini saya bagai tersangka yang akan disidang dan dipojokkan oleh lima orang penguji, yang akan dicecar oleh berbagai pertanyaan.. ghhgh... semua bayang itu kuhilangkan, kberserah dirinya pada-NYA,, memohon pertolongan-NYA,, karena sejatinya tak ada yang perl kutakutkan jika DIA bersamaku..

Satu demi satu penguji datang membawa draft proposalku menduduki tempatnya masing-masing, kusambut satu persatu, kujabat tangannya dengan melemparkan senyum termanis.. hehhehe... raut wajah yang bersahabat mereka sedikit mengurangi rasa grogi ini...

Beberapa waktu kemdian setelah semua penguji datang, ketua sidang membuka acara ujian kompre hari ini, dan mempersilahkan saya mempresentasikan proposal tesis yang telah saya rancang.. kusambut dnegan senyum dan ucapan terimakasih, sebelum kupaparkan rancangan proposal tesisku..

setelah pemaparanku selesai, ketua sidangpun mempersilahkan satu persatu penguji untuk memberi masukan ataupun sejumlah pertanyaan,, dengan senyum ramah, penguji mengawalinya dengan memberikan ucapan selamat kepada saya, karena telah sampai pada titik ini, dan menjadi mahasiswa pertama dari angkatanku yang mengawali ujian kompre di prodiku,, tentunya kusambut dengan ucapan terimaksih atas pujian itu,, begitupun dnegan penguji yang lain..

sejumlah pertanyaan yang mereka lontarkan pun tidak sesulit yang kupikirkan, semua masih bisa saya kendalikan,, Alhmdulillah, semua itu karena pertolongan ALLAH. Terimakasih ya ALLAH.. J J setelah semuanya selesai memberikan pertanyaan dan beberapa masukan,, saya dipersilahkan keluar sejenak, mereka akan berembuk untuk memutuskan apakah rancangan proposal tesis saya bisa dilanjutkan atau tidak...

saya pun keluar membawa perasaan was-was juga perasaaan lega,, ternyata diluar ruangan teman-teman satu angkatan pada ngumpul memberi dukungan.... TERIMAKASIH TEMAN!!! J

Kuarang lebih 3 menit kemudian, seorang dosen penguji membuka pintu dari dalam mempersilahkan saya masuk kembali ke dalam ruangan. Ketua sidangpun membacakan keputusannya yang kurang lebih bunyinya seperti ini:
“KEPADA SAUDARI MIRNAWATI, KAMI DARI DEWAN PENGUJI AKAN SANGAT MENYESALKAN JIKA RANCANGAN PROPOSAL TESIS SAUDARI TIDAK DILANJUTKAN,, SELAMAT!!! DAN ATAS NAMA PRODI, KAMI UCAPKAN TERIMAKASIH KARENA TELAH MEMBERIKAN AWAL YANG BAIK”
           
Dengan hati yang senang, kusambut dengan senyum dan terimaksih yang sebanyak-banyaknya atas setiap kritikan dan masukan yang diberikan oleh para dewan penguji.. J J,, semoga di ujian selanjutnya bisa memberikan yang lebih baik lagi.. aamiin...

surabaya, 010414

KS