2015 MENGUKIR SEJARAH


Januari 2016 sebentar lagi akan berlalu… tak adil rasanya jika tak kutorehkan pena tuk mengenang 2015 yang penuh makna bersejarah dalam kehidupanku.

Masih ingatkan kalian bahwa di akhir tahun 2014 aku mencoba mendaftar dan menjalani serangkaian tes CPNS formasi dosen, dan di Januari 2015 aku resmi dinyatakan lulus tes CPNS dosen di instansi program studi pendidikan luar biasa (PLB) universitas lambung mangkurat (UNLAM), berselang beberapa hari setelah pengumumuan aku mendapatkan panggilan kerja via telpon dari prodi PLB agarsegera bisa bergabung dan mengisi perkuliahan, dengan pertimbangan dan masukan dari keluarga akhirnya kuterima tawaran tersebut sembari menunggu SK CPNS, akupun segera terbang ke Banjarmasin.

Tepat 7 Februari 2015 aku resmi bergabung di prodi PLB UNLAM dan mulai mengisi perkuliahan, sungguh pengalaman yang sangat tak terlupakan.kurasakan betul perputaran roda kehidupanku, aku beralih status dari seorang mahasiswa menjadi seorang dosen.

Namun sepertinya status sebagai anak kost masih setia melekat padaku,, heheh.. banjarmasin adalah kota yang asing bagiku, tak ada satupun sanak keluarga yang bisa dijadikan tumpangan untuk sekedar berteduh dan tidur.. ditengah kondisi seperti itu, pelarian dan jalan keluar terbaik menurutku adalah kembali menjadi penghuni kost.

Berhubung aku tidak memiliki dan tidak bisa menjalankan kendaraan apapun, akhirnya aku memutuskan mencari kost disekitaran kampus, jatuhlah pilihanku pada sebuah kost bernama KOST MONA yang didalamnya dihuni sebagain besar mahasiswa dari berbagai program studi, itu berarti akulah penghuni kost tertua di kost itu.

Untuk menuju kampus aku harus menempuh perjalanan kaki sekitar 15 menit dari kost, melelahkan memang,, tapi begitulah salah satu cara untuk bertahan di perantauan, dikala letih jenuh menghampiri, segera kuhibur diri dengan mantra pamungkasku “inilah perjuangan yang kelak akan kamu petik buahnya”.. “inilah seni yang kelak akan menjadi saksi keberhasilanmu”… “inilah ibadah jika kamu ikhlas menjalaninya” dan banyak lagi… terkadang jika bener2 marasa lelah aku menggunakan jasa ojek yang lumayan menguras isi dompetku.. terkadang  jg aku nebeng sama adik kost kalau jadwal kuliahnya kebetulan sama dengan jadwal mengajarku.. lumayanlah menghemat biaya dan tenaga.. hehhe.. dan begitulah rutinitasku hampir setiap harinya,, kampus-kost,, berangkat pagi pulang sore,,

April 2015, seorang pemuda beserta keluarganya bersilaturahmi ke rumahku di kampung menyampaikan niatnya pada kedua orang tuaku tuk menjadikanku pendamping hidupnya.. orangtuakupun memberi pandangan akan kondisi keluarga kami beserta berbagai persyaratan.. sedikit kuperkenalkan pemuda ini,, dia adalah seorang pemuda yang kukenal tahun 2007 silam, akupun mengenalnya karena dia adalah teman dari teman kuliahku yang pada akhirnya dia menjadi tentor kursus komputerku di tahun 2009, yaa hanya sebatas ituu,, barulah kemudian dia kembali muncul dalam kehidupanku di akhir 2013 saat saya sedang menempuh kuliah di Surabaya, dan kembali bertemu secara langsung di akhir tahun 2014. (yang masih penasaran.. tunggu kelanjutan ceritanya.. )

Akupun masih tetap dengan rutinitasku di kampus,, sampai pada akhirnya pada 01 November 2015  pemuda tadi kembali meminang secara resmi dihadapan keluarga besarku dengan mantap ia menerima segala kondisi keluargaku, segala kekuranganku dan menyanggupi segala persyaratan yang disodorkan keluarga besarku pada lamarannya di bulan April lalu. Prosesi lamaran itu berjalan tanpa sosokku disana, aku setia disudut kamar kost memantau jalannya lamaran via telepon dengan perasaan tak karuan yang tidak bisa kudeskripsikan,,

Tak lama setelah prosesi lamaran, sekitar 14 November 2015 aku kembali dikejutkan dengan sebuah berita yang tak kalah bahagianya.. ya kamiyang dinyatakan lulus CPNS pada bulan januari kemarin mendapatkan undangan untuk menghadiri upacara penyerahan SK CPNS di gedung rektorat UNLAM.

Singkat  cerita, tepatnya pada 26 Desember 2015 dilangsungkan prosesi akad nikah. rasa haru mendatangan tangis seketika pecah ketika kudengar dari bilik kamar para saksi mengucapkan SAH dengan sangat lantang… yaa inilah fase baru kehidupanku.. mengubah statusku yang tadinya lajang menjadi seorang istri..

istri yang berbakti pada suaminya,
istri yang menyenangkan dan menenangkan hati suaminya,
istri yang selalu menjadi penyemangat suaminya,
istri yang tak henti memanjatkan doa terbaik tuk suaminya,
istri yang senantiasa menjaga kehormatan dan harta suaminya,
istri yang kecantikan dan pesonanya hanya diperuntukkan tuk suaminya..
istri solehah dunia akhirat..
MENUJU KELUARGA SAKINAH, MAWADDAH, WARAHMAH
aamiin..insya Allah..  

(cita2 menuju 2016)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

aamiin aamiin aaniin