HARDIKNAS DALAM BINGKAI KEPEDULIAN (bersama HIMA PLB UNLAM BANJARMASIN)

Ada berbagai cara yang dilakukan setiap kalangan untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada tanggal 2 Mei hari ini. Ada yang memperingatinya dengan
kegiatan formal, seperti upacara bendera, seminar dan diskusi, serta ada pula yang memperingatinya dengan berbagai aksi unjuk rasa dan kegiatan lain.

Seperti halnya yang dilakukan oleh mahasiswa kami yang tergabung dalam organisasi Himpunan Mahasiswa (HIMA) Pendidikan Luar Biasa (PLB). Hari ini mereka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dengan cara yang indah, dengan dukungan pengawalan ketat oleh satu kompi satuan kepolisian (hehee.. lebay dikit), mereka melakukan aksi nyata, turun ke jalan menyuarakan ajakan kepedulian terhadap pendidikan sembari membagi-bagikan bunga kepada para mengguna jalan.

Tidak hanya sampai disitu…
Setelah puas melakukan aksi di jalan, masih dalam pengawalan ketat aparat kepolisian, aku bersama rekan dosen yang notabenenya mengahadiri undangan turut membersamai mereka menuju lokasi yang sungguh diluar dugaan kami.

Yaa…
Mereka mengunjungi sebuah layanan pendidikan yang masih dalam naungan dinas pendidikan kota Banjarmasin, namun.. kondisi yang kusaksikan sungguh miris menyesakkan dada.. layanan pendidikan ini diberi nama “KELAS KHUSUS” dimaksudkan untuk memberi sentuhan pendidikan pada anak-anak yang tertinggal, anak-anak yang sama sekali tidak pernah menikmati pendidikan formal, anak-anak yang menghabiskan sebagian besar waktunya di jalanan, dengan kata lain mereka adalah anak-anak dari golongan keluarga tidak mampu.

Terletak di lokasi perpasaran, tepatnya di lantai 2 sebuah bangunan tua tak layak huni. Sungguh lingkungan yang tidak kondusif untuk sebuah layanan pendidikan. Di sisi lain sarana dan prasarana yang tidak kalah mirisnya, hanya terdapat dua buah ruang yang sempit lagi pengap, meja dan bangku belajar yang sangat minim, saking minimnya tiga orang anak harus duduk berdempet-dempetan dalam satu bangku. Butiran embun disudut mata pun tak kuasa tertahan lagi.. biakan.. kubiarkan saja mengalir.

Pihak pengelolan dan anak-anak menyambut dengan penuh suka cita kehadiran teman-teman mahasiswa yang bermaksud mengulurkan bantuan berupa pakaian bekas layak pakai, buku-buku bacaan, serta alat tulis menulis.. (inilah bukti nyata kalau kalian ada dan peduli).. *bangga J

pandangku terus saja tertuju pada wajah polos anak-anak itu, wajah yang senantiasa riang seakan tanpa beban di tengah keterbatasan dan kekurangan, wajah yang jika mengingatnya membuatku terdiam haru, bahkan membuat jemariku terasa kaku hingga tak mampu melanjutkan tulisan ini..

*teruntuk kalian, tetap semangat sayang,, ketahuilah bahwa semua orang berhak merasakan kebahagiaan dan kesuksesan, termasuk kalian.. J
*teruntuk mahasiswaku,, terimakasih undangannya.. kuharap kegiatan mulia ini tidak terhenti sampai disini.. buktikan bahwa kalian ada sebagai pelopor PERBAIKAN khususnya dalam dunia pendidikan.. kunantikan undangan2 berikutnya J

HAPPY HARDIKNAS
"KS"... banjarmasin, 02052015


Tidak ada komentar: